banner 728x250

Ina Safria Bagikan Kiat Sukses @anekafoodsiantar

  • Bagikan
Photo : Ina Safria, Owner Aneka Food Siantar

SIANTARMETROPOLIS – Sosok | Tak ada kesuksesan yang diraih secara instan. Selalu ada cerita perjuangan, pengorbanan dan kesabaran di dalamnya. Bahkan ijazah perguruan tinggi terkadang bukan sebuah jaminan atau malah kesuksean diraih keluar dari kompetensi akademi yang dimiliki.

Inilah kisah sukses Ina Safria. Wanita asal Aceh yang saat ini menetap di Kota Pematangsiantar yang juga lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Ina Safria merupakan sosok wanita tangguh yang berhasil membangun bisnis kulinernya.

Ina bercerita, semasa kuliah ia menyambi sebagai guru les privat untuk menambah pundi-pundi sakunya. Kuliah sambil bekerja, itu lah yang di lakoninya saat itu.

“Saya melamar di salah satu tempat les di Banda Aceh waktu itu, saya kuliah sambil belajar mengajar”. Ujarnya

Seiring waktu berjalan ia pun kemudian hijrah ke Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.Ina bekerja disalah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Pekerjaan tersebut juga bukan sesuai jalur akademiknya yang merupakan sarjana guru bahasa inggris. Saat bekerja di Pematangsiantar inilah Ina Safria kemudian mencoba mengawali bisnisnya sendiri.

“Semuanya berawal dari hobi”. Katanya, Kamis (18/11/21), saat ditemui Kru SIANTARMETROPOLIS.COM.

“Saya hobi jajan jadi nggak ada salahnya kalau mencoba berjualan jajanan”. Begitu yang terbesit di benaknya kala itu.

“Karena sering kelapangan dan ketemu banyak orang, serta sering berkunjung kebanyak tempat makan, dimana kala itu tempat untuk ngopi masih sedikit, terus aku melihat kayaknya usaha kuliner itu menjanjikan. Jadi, pengalaman dilapangan itu menjadi inspirasi buat saya”. Ceritanya.

Setelah melakukakan riset dan pertimbangan matang, Ina kemudian mulai debut di dunia kuliner. Bubur barokahlah yang menjadi usaha kuliner pertama kali dibukanya. Namun seiring waktu, usaha kuliner ini di tinggalkannya, Ina banting stir ke bisnis aneka cemilan. Ternyata usaha ini membawa hoki. Kini usaha aneka cemilannya laris manis. Ina juga memanfaatkan akun instagramnya @anekafoodsiantar sebagai media promosimya.

Uniknya, ia sempat menerima tawaran endorse di akun instagramnya itu.

“Alhamdulillah tadi dapat tawaran endorse dari “g**b,eh”, aku bukan selebgram loh tapi di tawarin, sayang untuk ditolak, karena syaratnya cuma posting aja”. Ujarnya

Ina kemudian berbagi kiat sukses berbisnis melalui media sosial.

“Sebisa mungkin jejak media sosial kita tidak menceritakan kesedihan kita, orang nggak perduli kita jatuh, orang malah tepuk tangan, apapun itu share aja di sosial media asal tidak menganggu orang dan melanggar UU ITE”. Sarannya.

“Membangun hubungan yang baik itu penting. Cara membangun hubungan yang baik itu sebisa mungkin dilakukan dari hati ke hati, supaya apapun yang kita sampaikan itu masuk. Kalau kita ketemu orang, kita harus menurunkan ego kita, tapi kalau ketemu orang sombong, kita harus sombong, supaya tidak dijengkali (merendahkan,red). Kita tetap harus punya harga diri apalagi kita berada dilingkungan yang baru”. Tambahnya.

Mau belajar hal baru dan menyukai tantangan tentu menjadi motivasi Ina dalam menjalankan bisnisnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.